Tags

, , , , ,

Berikut ini adalah materi – materi yang diajarkan disekolah khusus agama buddha “Pendidikan agama buddha dan budi pekerti” bersumber dari Kementerian pendidikan dan kebudayaan RI.

Kelas 1 SD

Bab 1. Mengenal cara menghormat (Anjali, namaskara, utthana, pradaksina)

Bab 2. Mengenal salam agama buddha ( Macam-macam salam, salam pujian, cara memberi salam)

Bab 3. Menghormat yang patut di hormati (Menghormati triratna, makhluk suci, boddhisatva, brahma dan dewa, rohaniawan, orang tua dan guru)

Bab 4. Mengenal simbol-simbol agama buddha (arca buddha, stupa, cakra, bunga teratai, pohon boddhis, jejak kaki buddha, bendera buddhis, swastika)

Bab 5. Mengenal doa agama buddha (doa sebelum dan sesudah belajar, makan dan tidur)

Bab 6. Aku dan agamaku (tempat ibadah, rohaniawan, kitab suci, hari raya, guru agung)

Bab 7. Aku dan keluarga (keluarga tercinta, keluarga ayahku, keluarga ibuku)

Bab 8. Keluarga pangeran sidharta (keluarga pangeran sidharta, keluarga ayah pangeran sidharta, keluarga ibu pangeran sidharta)

Kelas 2 SD

Pelajaran 1. Kelahiran boddhisatva siddharta

Pelajaran 2. Masa kanak-kanak siddharta

Pelajaran 3. Kasih sayang dalam keluarga

Pelajaran 4. Kasih sayang di sekolah

Pelajaran 5. Kasih sayang di lingkungan

Pelajaran 6. Kisah kejujuran

Pelajaran 7. Kisah persahabatan

Pelajaran 8. Macam-macam peraturan

Pelajaran 9. Perbuatan baik

Pelajaran 10. Perbuatan buruk

Kelas 3 SD

Pelajaran I. Semangat belajar pangeran siddharta (kepandaian pangeran, pangeran siddharta bersekolah, perdebatan tentang angsa, melihat cara pangeran siddharta belajar)

Pelajaran II. Pengorbanan bodhisattva (arti bodhisattva, paramitha bodhisattva, kemurahan hati, kebijaksanaan)

Pelajaran III. Hari raya waisak dan asadha (sejarah hari raya waisak, perayaan hari waisak dan maknanya, sejarah hari raya asadha, perayaan hari asadha dan maknanya)

Pelajaran IV. Hari raya magha puja dan kathina (sejarah hari raya magha puja, perayaan hari magha puja dan maknanya, sejarah hari raya kathina, perayaan kathina dan maknanya)

Pelajaran V. Kewajiban anak (kisah anak yang berbakti, berbakti kepada ayah, berbakti kepada ibu)

Pelajaran VI. Kewajiban peserta didik ( kisah guru teladan, berbakti kepada guru, jasa guru bagi murid)

Pelajaran VII. Mengakui kesalahan dan memperbaiki diri ( berani mengakui kesalahan, memperbaiki diri (bertobat), belajar bijaksana, pantang menyerah)

Pelajaran VIII. Meminta dan memberi maaf ( berani meminta maaf, belajar memberi maaf, belajar dari ibu dan ayah, doa maaf dalam agama buddha)

Kelas 4 SD

Pelajaran I. Masa berumah tangga pangeran siddharta (lomba keterampilan, pernikahan pangeran siddharta, melihat orang tua dan orang sakit, melihat orang mati dan seorang petapa)

Pelajaran II. Pelepasan agung pangeran siddharta (Kelahiran putra pangeran siddharta, pertemuan dengan kissa gotami, delapan anugerah, pangeran siddharta menjadi petapa)

Pelajaran III. Pertolongan sejati (Menolong dengan ikhlas, pertolongan tanpa pamrih, belajar peduli, bersikap sabar)

Pelajaran IV. Tahu berterima kasih (balas budi, tahu berterima kasih, baik hati dan lemah lembut, belajar lemah lembut dan baik hati)

Pelajaran V. Puja bakti dalam kehidupan sehari-hari (puja bakti, macam-macam puja bakti, puja kepada triratna, berlindung kepada triratna)

Pelajaran VI. Brahma vihara (metta, karuna, mudita, upekkha)

Pelajaran VII. Candi-candi buddha di indonesia (candi-candi di jawa tengah, yogyakarta, jawa timur, jawa barat dan sumatera)

Pelajaran VIII. Melestarikan candi dan hari waisak (melestarikan candi-candi buddha, candi borobudur dan hari raya waisak)

Kelas 5 SD

Pelajaran 1. Masa bertapa pangeran siddharta (bertemu dengan raja bimbasara, berguru pada alara kalama, berguru pada udaka ramaputta)

Pelajaran 2. Petapa Siddharta menyiksa diri (bertapa menyiksa diri di uruwela, perumpaan gitar dan kayu, godaan mara)

Pelajaran 3. Memahami kehidupan (hukum tertib semesta, empat kebenaran mulia, tiga ciri kehidupan, pengaruh karma dalam kehidupan, empat jenis karma)

Pelajaran 4. Delapan kondisi duniawi (untung dan rugi, terkenal dan tidak terkenal, dipuji dan dicela, bahagia dan menderita, hidup sesuai dhamma)

Pelajaran 5. Berdana ( berdana, kualitas dana cara-cara berdana, pahala dan tempat berdana)

Pelajaran 6. Indahnya berdana (Dana materi, dana kehidupan, dana kebenaran, dana memaafkan)

Pelajaran 7. Jalan kesuksesan (mencapai sukses, menyenangi belajar dan semangat belajar, fokus dalam belajar dan mengevaluasi dalam belajar)

Pelajaran 8. Teman yang baik (pentingnya teman, teman yang senang membantu dan memiliki rasa simpati, teman yang mengajak berbuat baik dan setia dalam suka dan duka)

Kelas 6 SD

Pelajaran 1. Keajaiban pencapaian penerangan sempurna

Pelajaran 2. Dasa paramita

Pelajaran 3. Kisah rumah terbakar

Pelajaran 4. Perumpamaan orang yang terkena panah beracun

Pelajaran 5. Perumpamaan kembalinya anak yang hilang

Pelajaran 6. Pengertian meditasi

Pelajaran 7. Meditasi pernapasan

Pelajaran 8. Meditasi cinta kasih

Pelajaran 9. Alam surga

Pelajaran 10. Nibbana/Nirwana

Kelas 7 (SMP/SLTP 1)

Bab 1. Paskapenerangan sempurna buddha gautama (7 minggu paska penerangan sempurna, nilai pentingnya dalam 7 minggu paska penerangan sempurna)

Bab 2. Pemutaran roda dhamma (pemutar roda dhama, khotbah-khotbah, enam puluh araha, upasampada bhikkhu)

Bab 3. Kriteria agama buddha (agama buddha, kriteria agama buddha di indonesia)

Bab 4. Kelompok umat buddha (Garavasa, pabbajita)

Bab 5. Pancasila buddhis (Pancasila buddhis, penerapan pancasila)

Bab 6. Panchadhamma (pancdhadhamma, penerapan panchadhamma)

Bab 7. Kehidupan remaja (remaja masa kini, prabhava sutta)

Bab 8. Pergaulan remaja buddhis (manggala sutta, sigalovada sutta)

Kelas 8 (SMP/SLTP 2)

Bab 1. Masa membabarkan dharma (tahun ke-1 s/d tahun ke-45)

Bab 2. Meneladan para siswa utama buddha (sariputta, monggallana, maha kassapa, anurudha, kondanna, upali, rahula, sivali, bakkula, ananda)

Bab 3. Meneladan para siswa pendukung buddha (visakha, anathapindika)

Bab 4. Meneladan para raja pendukung buddha (asoka, pasenadi kosala, bimbisara, ajatasattu)

Bab 5. Sejarah puja dalam agama buddha (Pengertiaan puja, puja pada zaman sebelum buddha, puja pada zaman buddha, puja pada zaman sesudah buddha, sarana puja zaman sekarang, tempat-tempat suci agama buddha)

Bab 6. Dharmayatra (Pengertian dharmayatra, empat tempat berdharmayatra (taman lumbini, bodhagaya, benares, kusinara), puja di tempat dharmayatra, tujuan dan manfaat dharmayatra)

Bab 7. Konsep meditasi ketenangan batin (pengertian meditasi, manfaat meditasi, persiapan meditasi, waktu dan posisi meditasi, karakter, objek meditasi, rintangan meditasi, gangguan meditasi)

Bab 8. Praktik meditasi ketenangan batin (meditasi pernapasan, cinta kasih 1,2, perenungan terhadap buddha, dharma, sangha, kesadaran dan kelembutan)

Kelas 9 (SMP/SLTP 3)

Bab 1. Buddha parinibbana (perjalanan menuju kusinara, makanan terakhir buddha, tempat suci untuk menghormati buddha, nasihat terakhir dan parinibbana, perabuan jenazah buddha, pembagian relik buddha, menghormati relik buddha)

Bab 2. Hak asasi manusia dalam agama buddha (susunan masyarakat buddhis, hukum dalam agama buddha, hak asasi manusia dalam agama buddha, prinsip-prinsip hak asasi manusia)

Bab 3. Agama buddha dan kesetaraan gender (pengertian gender, status perempuan dalam agama buddha, buddha mengangkat martabat kaum perempuan)

Bab 4. Tokoh buddhis dalam kesetaraan gender (prajapati gotami pejuang sangha bhikkhuni, kisah ratu khema, upalavanna, kartini, hak-hak perempuan dalam perjuangan kartini)

Bab 5. Perdamaian dalam agama buddha (damai itu indah, hiri-ottappa dan perdamaian dunia, pemimpin yang damai)

Bab 6. Tokoh perdamaian dunia (damai bersama buddha, Y.M. Dalai lama, raja bhutan, master zen thich nhat hanh, benerable master chin kung, perdamaian dalam kisah jataka)

Bab 7. Sejarah penulisan tripitaka (Sidang agung ke-1 s/d 6)

Bab 8. Ruang lingkup dan intisari tripitaka

Kelas 10 (SMA/SLTA 1)

Bab 1. Sejarah penyiaran agama buddha di Indonesia (zaman kerajaan mataram kuno, sriwijaya, kemunduran dan kebangkitan agama buddha di indonesia, agama buddha zaman kemerdekaan RI, peran para tokoh perkembangan agama buddha setelah kemerdekaan)

Bab 2. Agama bagi kehidupan (refleksi agama bagi kehidupan (peranan agama, agama dan kerukunan), sikap keberagaman dalama agama (pluralisme dan pralelisme, inklusivisme, eksklusivisme, eklektivisme, universalisme, toleransi))

Bab 3. Kebebasan beragama (Agama-agama yang diakui pemerintah (kebebasan memilih agama, cerita suku kalama), keunikan agama buddha (agama buddha adalah agama damai dengan ajaran welas asih yang universal, tidak ada paksaan dalam ajaran buddha, agama buddha mengajarkan diri sendiri sebagai pelindung, agama buddha merupakan agama anti kekerasan, agama buddha mengajarkan hukum sebab dan akibat)

Bab 4. Perlindungan (ajaran buddha, berlindung kepada buddha, dharma dan sangha)

Bab 5. Agama buddha dan Sains modern (definisi ilmu pengetahuan, syarat-syarat ilmu, definisi teknologi, fenomena yang diperlihatkan oleh teknologi, teknologi dalam pandangan buddhis)

Bab 6. Seni dan budaya buddhis (pengertian dan pewarisan kebudayaan, seni dan apresiasi, seni dan budaya buddhis (satra, suara dan gerak, rupa))

Bab 7. Fenomena alam dan kehidupan (Fenomena buddha dalam kehidupan (fenomena alam kehidupan dan “dewa pencipta”, berbagai fenomena alam)

Bab 8. Hukum tertib kosmis (niyama) (Doktrin (utu-niyama, bija niyama, kamma niyama, citta niyama, dhamma niyama, niyama dan konsep penciptaan))

Kelas 11 (SMA/SLTA 2)

Bab 1. Moralitas (pengertian moralitas, moralitas dalam jalan mulia berunsur delapan, penafsiran moralitas dalam kitab visuddhimagga, menjadi manusia yang bermoral, memperlakukan orang lain dengan moralitas)

Bab 2. Aspek-aspek sila (Ciri-ciri sila, fungsi sila, wujud sila, sebab terdekat sila, manfaat mempraktikan sila (mendapat kekayaan yang berlimpah melalui usaha giat, reputasi baik tersebar luas, penuh percaya diri, meninggal dengan tenang, setelah meninggal terlahir di alam yang baik, tercapainya keinginan, menyembuhkan penyakit, landasan bagi tercapainya pencerahan), cara mempraktikan sila (pancasila, pancadhamma))

Bab 3. Klasifikasi sila (Sila berdasar jenisnya, silah berdasar latihannya (pancasila, atthasila, dasasila, patimoka sila), sila berdasar orang yang mempraktikanya (bhikkhu/i sila, anupasampanna sila, gahattha sila), sila berdasar motif/tujuannya (panita sila, majjhima sila, hina sila), sila berdasar cara mempraktikannya (varitta sila, carittha sila), memahami perbedaan, sila berbeda bertujuan sama, sila sebagai pelindung))

Bab 4. Puja dan budaya (Puja sebelum, saat dan setelah zaman buddha, puja sebagai penghormatan, manfaat melakukan puja, agama buddha dan agama budaya(gagasan aktifitas, artefak), agama buddha dan tradisi, agama buddha dan upacara ritual, agama buddha dan perayaan keagamaan))

Bab 5. Agama buddha dan pelestarian lingkungan (Ekologi dalam agama buddha, pandangan agama buddha tentang makhluk hidup, kesilangtergantungan antara makhluk hidup dan lingkungan,Permasalahan lingkungan, pendekatan agama buddha terhadap lingkungan, manajemen lingkungan dalam agama buddha, mengembangkan kesadaran terhadap lingkungan))

Bab 6. Empat kebenaran mulia (Hukum kebenaran mutlak, hukum empat kebenaran mulia, kebenaran mulia tentang dukkha, kebeneran mulia tentang sebab dukkha, kebenaran mulia tentang terhentinya dukkha, kebenaran mulia tentang jalan menuju terhentinya dukkha (pandangan/pengertian benar, pikiran benar, ucapan benar, perbuatan benar, penghidupan benar/mata pencaharian benar, daya upaya benar, perhatian benar, konsentrasi/pemusatan benar))

Bab 7. Karma dan tumimbal lahir (Karma, apa itu karma, karma dan vipaka, apa penyebab karma, klasifikasi karma (jenis, saluran terjadi, jangka waktu, kualitas akibatnya, bukti tumimbal lahir, uji konsep tumimbal lahir))

Bab 8. Tiga karakteristik universal (pengertian tilakhana, ketidakkekalan, ketidakpuasan, dua macam dukkha berdasar penyebab, kakateristik tanpa diri yang kekal, mengapa perlu menyadari annica, mengapa kita perlu menyadari dukkha, mengapa kita perlu menyadari anatta))

Bab 9. Sebab akibat yang saling bergantungan (pengertian paticcasamuppada, rumusan hukum paticcasamupadda, dua belas nidana (ketidaktahuan, bentuk-bentuk karma, kesadaran, batin dan jasmani, enam landasan indera, kontak, perasaan, nafsu keinginan, kemelekatan, penjadian, kelahiran, penuaan dan kematian)

Kelas 12 (SMA/SLTA 3)

Bab 1. Alam semesta dalam perspektif agama buddha

Bab 2. Alam kehidupan

Bab 3. Meditasi pandangan terang

Bab 4. Praktik hidup penuh kesadaran

Bab 5. Problematika kehidupan sosial manusia

Bab 6. Hindari aborsi dan pergaulan bebas

Bab 7. Hindari penyalahgunaan narkoba dan tawuran

Bab 8. Hindari korupsi

Universitas/institut

Materi yang diajarkan berdasarkan materi dari sekolah dasar sampai jenjang sekolah menengah atas (basic, intermediate, advance) dengan sistem diskusi/dialog/pembabaran dharma. Secara umum dikampus atau diperkuliahan sudah terdapat wadah tersendiri untuk pembelajaran agama buddha yaitu dalam Keluarga Mahasiswa Buddhis (KMB).

Semoga bermanfaat.

Note: bila ingin mendapatkan buku dalam bentuk pdf dapat diminta ke e-mail ananda052010@gmail.com